Resep Bolu Kukus Mereka

Bahan-bahan:



- 200 gram tepung terigu


- 150 gram gula pasir


- 4 butir telur ayam


- 1 sendok makan emulsifier


- 1 sendok makan SP (Pengembang)


- 1 sendok teh vanili bubuk


- 100 ml air matang


- 2 sendok makan margarin, lelehkan



Cara Membuat:



1. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih.


2. Masukkan tepung terigu, emulsifier, SP, dan vanili bubuk. Aduk rata.


3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kental.


4. Masukkan margarin leleh, aduk rata.


5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin tipis-tipis.


6. Kukus selama 30-40 menit dengan api sedang hingga matang.


7. Angkat dan biarkan dingin.


8. Keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.


9. Sajikan dan nikmati bolu kukus mereka.



Informasi Nutrisi:



- Kalori: 250 kalori


- Protein: 5 gram


- Lemak: 10 gram


- Karbohidrat: 35 gram


- Serat: 1 gram


Bolu kukus mereka merupakan salah satu kue basah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue yang memiliki tekstur lembut dan aroma yang harum ini seringkali dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Selain rasanya yang lezat, bolu kukus juga mudah untuk dibuat di rumah. Berikut ini adalah resep bolu kukus mereka yang bisa kamu coba di rumah.


Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat bolu kukus mereka adalah tepung terigu, telur, dan gula pasir. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan emulsifier dan SP sebagai bahan pengembang agar bolu bisa mengembang dengan sempurna. Untuk memberikan aroma yang harum, tambahkan vanili bubuk pada adonan.


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Kemudian, masukkan tepung terigu, emulsifier, SP, dan vanili bubuk. Aduk rata dan tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kental. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan dan aduk rata.


Setelah adonan tercampur dengan sempurna, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin tipis-tipis. Kukus selama 30-40 menit dengan api sedang hingga matang. Jangan membuka tutup kukusan selama proses pengukusan agar bolu bisa mengembang dengan sempurna.


Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Bolu kukus mereka siap disajikan dan dinikmati.


Bolu kukus mereka memiliki nilai gizi yang cukup baik. Setiap porsi bolu kukus mengandung kalori sebesar 250 kalori, protein sebesar 5 gram, lemak sebesar 10 gram, karbohidrat sebesar 35 gram, dan serat sebesar 1 gram. Meskipun begitu, konsumsilah bolu kukus dengan bijak dan dalam porsi yang secukupnya.


Jadi, itu dia resep bolu kukus mereka yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!


close